24 Juli 2009

API UNGGUN: SPIRIT KEHIDUPAN MUDIKA

**Tata Peribadatan**[ibadat dipimpin oleh Fr. Lucius OSC]

1_HENING...[Doa Yesus: "Tuhan, (sambil menarik nafas), kasihanilah kami (sambil melepaskan nafas). Doa ini diulangi berkali-kali hingga tercipta keheningan...]

2_VISUALISASI-1 "Aku adalah Warna" [diperankan oleh Martin (hitam); Janti (putih); Arie (hijau); Andre (merah); Andreni (kuning); Pasu (biru); dan Cici (abu-abu)] 

  • "Aku bukan HITAM, sebab sebayang terang lamat-lamat masih menghampar, di ujung pandang, meski nyaris padam..."
  • "Aku bukan PUTIH, sebab secercah bayang seperti melitangi terang, mengusik hamparan, mengaburkan sudut kiri atau kanan, sudut bara atau selatan..."
  • "Aku bukan HIJAU, yang kadang membuatmu silau..."
  • "Aku bukan MERAH, yang sering membuatmu terbakan..."
  • "Aku bukan KUNING, yang kadang membuatmu kuyu..."
  • "Aku bukan BIRU, yang kerap membuatmu menangis..."
  • "dan... aku bukan ABU-ABU, hamaparan anatara lapangan 'mungkin', barisan tenda kuyu bermuatan salju, dataran 'barangkali', bentangan 'entah'..."

3_TANDA SALIB (+)

4_ DOA TOBAT - ABSOLUSI

5_DOA CINTA

Allah, sang Cinta, kami bersyukur atas segala anugerahMu, yang mengalir setiap saat, dan melimpah setiap waktu. Terlebih kami bersyukur atas hidup yang senantiasa Kau-isi menjadi lebih indah dan lebih berarti. Kami percaya kepadaMu, yang selalu inign memperbaharui hidup kami, membakar kami dengan api RohMu, dan menghidur kami dengan kegembiraan. Maka hadirlah di sini, ya Allah, Tuhan kami. Amin

6_INJIL [Mrk 6:34-38]

7_VISUALISASI-2 "Bersamaku" [Penyalaan api unggun. Api unggun dinyalakan setelah semua warna mengungkapkan 'tekad'nya, baik secar personal, lalu secara komunal

  • ___HITAM: "Bersamaku, kau masih bisa melangkah, meski meraba..."
  • ___PUTIH: "Bersamaku, kau tak akan jadi buta, karena kelam atu cahaya ..."
  • ___HIJAU: "Bersamaku, kau kau akan selalu terjaga..."
  • ___MERAH: "Sebab, kau akn tersesat..."
  • ___KUNING: "atau menemukan tenggara..."
  • ___BIRU: "Bersamaku, kau akn selalu siaga..."
  • ___ABU-ABU: "sebab, kau harus terus bertanya..."

Bersama-sama: " Bersama kami, bentangan yang terhampar, Mudika Santa Maria Tanjung Selamat yang kian mekar, akan menuju Utara atau Selatan, Timur atau Barat, menuju satu cahaya ! [serentak menyalakn api unggun dengan obor yang telah menyala di tangan masing-masing] 

8_ HENING... [menatap proses penyalaan api unggun]

9_RENUNGAN

10_CREDO

11_DOA PERMOHONAN

12_BAPA KAMI

13_KOMUNI

14_MAZMUR PERUBAHAN

  • [Cewek:] Yesus, Aku hendak menyatukan hidupku dengan hidupMu; pikiranku dengan pikiranMu; kelengketan hatiku dengan kelengketan hatiMu; pekerjaanku dengan pekerjaanMu.
  • [Cowok:] Agar dengan persatuan ini diriku menjadi lebih suci dan lebih berkenan di mata BapaMu; dan agar hidupku lebih pantas menerima rahmatMu serta menerima ganjaran hidup abadi.
  • [Cewek:] Aku akan  Menyatukan niatMu dengan niatku, kesucian tindakanMu dengan tindakanku. Keunggulan kebaikanMu yang luhur dengan keutamaanku.
  • [Cowok:] Apabila aku berdosa, aku akan menyatukan kesucian doaMu dengan doaku, baik dalam seluruh hidupku, maupun dalam tiap penggalnya.
  • [Cewek:] Aku akan menyatukan seluruh segi niat ilahiMu dengan apa yang harus aku lakukan dan harus aku derita.
  • [Cowok:] Aku akan menggabungkan, bila mungkin, titik pandangMu dengan segi penglihatanku, kata-kataMu yang suci dengan lidahku.
  • [Cewek:] Kelemahlembutan hatiMu dengan kelemahlembutanku. Derita penghinaan dan pengosongan diriMu dengan kerendahan hatiku, dan seluruh jiwa ilahiMu dengan tindakanku.
  • [Cowok:] Dan apabila dalam salah stau pekerjaan, aku menemukan sesuatu yang tak terilhami olehsemangatMu, atau yang  lahir dari segala yang berpusat pada diriku, atau yang berasal dari kelengketan yang tak teratur.... aku akan menolak, mengemohi, serta akan membuangnya dengan sepenuh hati.
  • Amin.

15_BERKAT PENUTUP (+)

created by: Lucius OSC dan Tim Liturgi MUDIKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Fiat voluntas Tua!"